NLP Gratis 6 Trainer Amir Faisal 08157698288 : Penyebab Kegagalan adalah Kata Gagal

blog on March 5th, 2015 No Comments

  1. “Gajah termasuk binatang buas, kuat dan perkasa dan berbahaya. Tetapi dengan rekayasa tertentu bisa dirubah menjadi binatang jinak. Caranya, sejak lahir gajah-gajah itu diperlakukan sebagai binatang piaraan, sehingga ketika besar mereka mengira dirinya adalah binatang piaraan. Pertanyaannya, bagaimana kalau gajah itu ditemukan sudah besar? Untuk gajah yang sudah terlanjur besar, pada saat gajah itu diburu, mereka ditembak dengan senapan bius, sebelum ditangkap. Kemudian pada saat pingsan, gajah itu diangkut ke penangkaran dengan sebuah truk besar, kemudian kakinya dirantai dan dengan sebuah rantai yang cukup kuat serta dipancangkan pada sebuah tiang beton.

Ketika sang gajah terbangun, dia akan berusaha melarikan diri. Tetapi belum ada lima meter dia akan terjatuh, karena salah satu kakinya terikat oleh rantai yang kuat. Diapun berusaha berlari kearah yang berlawanan, tetapi sekali lagi mengalami nasib serupa, sehingga dia menjadi kelelahan. Saat gajah itu kelelahan, maka si pawang memberi makanan kesukaannya. Sesudah kekenyangan gajah itupun tertidur. Pada saat bangun dia akan mengulangi perbuatan sia-sianya tadi dan sekali lagi akan mengalami nasib yang sama, begitu seterusnya.

Suatu hari, saat sang gajah tertidur, si pawang mengganti rantai yang terikat di kaki sang gajah dengan seutas tambang biasa. Pertanyaannya, pada saat gajah nanti mengetahui bahwa yang melilit kakinya bukan lagi rantai, melainkan seutas tali, apakah dia akan melarikan diri? Jawabannya mudah ditebak, bahwa gajah itu tidak akan beranjak dari tempat tinggalnya. Karena ia sudah merasa berputus asa atas upayanya melarikan diri yang tidak mendapatkan hasil. Lagian kenapa dia harus melarikan diri, bukankah dia sudah hidup di zona yang aman dan nyaman?”

Cerita gajah diatas merupakan penggambaran dari terbentuknya mental block atau limiting belief dalam diri kita, yaitu kondisi mental, belief atau keyakinan yang membatasi seseorang yang diakibatkan pengalaman berulang-ulang yang menghasilkan kesimpulan yang dekonstruktif dalam mempersepsi diri nya dan yang menghambatnya dalam mencapai keinginan-keinginannya. Menurut Dr. Milton H Erickson – pendiri American Society of Clinical Hypnosis dan dikenal luas sebagai pakar hypnotherapy terkemuka dunia dengan bukunya yang juga sangat terkenal, “Patterns of the Hypnotic Techniques – input masa lalu yang berulang-ulang dan pengalaman seseorang membentuk struktur dalam otak dan menciptakan Paradigma atau “Cetak Biru. Disinilah asal mula terciptanya anggapan gagal.

Dalam otak bayi ( sebagaimana yang telah kita bahas pada Training Gratis NLP ke 5) tidak ada program gagal dalam otaknya, karena tidak pernah ada yang menginputnya, makanya dia heppy-heppy saja ketika mengalami jatuh bangun berulang-ulang ratusan kali ketika bereksperimen untuk latihan berdiri dan berjalan yang akhirnya sukses dengan gemilang.

Pertanyaannya, apa yang ada dalam pikiran dan perasaan Anda, ketika Anda mengalami kegagalan-kegagalan yang menyakitkan?

No Responses to “NLP Gratis 6 Trainer Amir Faisal 08157698288 : Penyebab Kegagalan adalah Kata Gagal”

Leave a Reply