NLP Gratis 14 Trainer Amir Faisal 08157698288 : Mesin Pengendali Pikiran Manusia

blog on September 29th, 2016 No Comments

Dari buku : Destined To Be A Leader

Mengenali Panel Kontrol Otak

Robert Sapolsky, seorang ahli neorobiologi dari Stanford University (Kelly McGonigal, Ph.D : 2012) melakukan penelitian atas fungsi prefrontal cortex atau otak depan sebelah kanan dan kiri.

Saat hendak memulai perubahan atau melakukan transformasi diri, maka cortex kiri depan akan membantu Anda untuk bertahan misalnya dalam masa-masa berjuang untuk bangun pagi pada musim dingin, rutin melakukan latihan-latihan dan olah raga. Otak bagian ini juga mendukung ketekunan Anda membaca buku, mempelajari hal-hal yang sulit, bertahan dalam masa-masa penuh tantangan dan sebagainya. Otak depan juga merupakan otak visi, maka secara otomatis dopamine akan ikut campur tangan mengirim bantuan berupa jutaan neurotransmitter ke otak depan, ketika visi atau impian bisa Anda rasakan, karena Anda bisa melihat bentuknya yang akurat.

Sebaliknya otak kanan depan menangani kekuatan, “Saya tidak akan”, atau mencegah diri dari upaya Anda untuk berubah. Ia berusaha menuruti dorongan hati atau keinginan-keinginan dan habit yang sudah TERLANJUR NYAMAN.

Manusia diberi dorongan instinktif untuk selalu berupaya menuruti semua hasrat kesenangan dan kenikmatan ataupun sebaliknya mengendalikan diri dari keinginan akan kesenangan itu demi melindungi tujuan yang lebih panjang.

Setiap detik selalu terjadi konflik baik dalam derajad ringan hingga berat dalam pikiran kita, antara hasrat yang menggebu-gebu yang bersumber dari otak amygdala yang merupakan otak bawah sadar di otak limbic dengan otak cortex depan sebagai pengendali yang merupakan otak sadar.

Perangkat itu bisa bermanfaat atau merusak tergantung pada kekuatan pengendalinya, yaitu Anda sendiri. Secara naluriah manusia kadang-kadang tergoda untuk memuaskan hasrat sesaat yang bisa merusak reputasi (seperti berselingkuh), hingga hal-hal sepele tetapi bisa berakibat fatal, misalnya pada saat konsentrasi menyetir tiba-tiba terdengar pesan singkat dari pesawat selular Anda, maka otak kiri dan kanan depan Anda secara otomatis akan berdebat sengit, “Akan saya respon atau tidak?”. Jika keputusan Anda adalah “tidak”, niscaya akan bisa menyelamatkan diri Anda dari kemungkinan buruk.

Power itu bisa selalu Anda on kan atau Anda biarkan off, terserah Anda. Banyak orang yang sengaja menyerah pada godaan, karena ujud lahiriahnya terlalu amat sangat menggiurkan untuk ditolak, padahal otak kiri depan sudah memberikan warning, bahwa tawaran itu bisa menghancurkan masa depan, karier dan reputasi Anda.

Mereprogram Otak
Hampir mustahil Anda membuat perubahan atau mentransformasi diri kalau Anda tidak pandai memanajemeni pikiran  itu. Karena ia sudah terprogram sebegitu rupa di dalam sistem pikiran bawah sadar Anda.

Disini akan penulis sajikan langkah-langkak praktis dan sederhana yang bisa Anda lakukan, hingga menjadi habit, yang lama-lama otak  akan menyesuaikan dengan habit Anda yang baru. Jika otak sudah menyukai habit yang baru, otomatis Anda akan memiliki mind management yang baru juga di otak.

Sugesti diri Anda;
Anda sebenarnya secara tidak sadar setiap hari sudah mempraktekkan teknik sugesti diri, seperti :
• Sugesti diri atas nikmatnya ranjang, selimut dan bantal pada pagi hari yang dingin.
• Sugesti diri para perokok atas nikmatnya asap tembakau berselang-seling dengan hirupan kopi panas.
• Sugesti diri, merasa kalah dengan kemacetan di kota-kota besar.
• Sugesti diri bahwa perempuan lain lebih menggairahkan dibanding isteri sendiri yang setia dan sangat menyintai kita

Disepanjang hidup, kita telah tersugesti secara tidak sadar. Pertanyaannya, jika kita mampu mensugesti diri kita terhadap hal-hal tersebut diatas, kenapa kita tidak melakukan sugesti terhadap diri kita untuk melakukan tindakan-tindakan yang sebaliknya?

Anda sebenarnya bisa menciptakan program-program baru yang merupakan kebalikan program-program tadi kedalam pikiran Anda dengan melakukan sugesti dan tindakan lain yang lebih konstruktif dan bermanfaat?

Jadi perubahan itu sesederhana memberikan instruksi yang sugestif kepada diri kita, kemudian ditaati oleh diri kita sendiri.

Bongkar pola lama dan ciptakan New Habit;
Terdapat dua naluri dasar manusia, yaitu mencari kenikmatan atau kenyamanan dan menghindari kesulitan atau masalah. Apa saja yang kita biasakan dalam hidup kita, seburuk apapun, akan menciptakan kenyamanan hingga ketagihan. Banyak kebiasaan buruk lain dalam hidup ini selain merokok dan minum alkohol yang membuat kita merasa nyaman dan kemudian ketagihan, mulai dari yang ringan-ringan – seperti mengobrol berjam-jam, bersantai dan bermalas-malasan, keluar masuk Mall dan Supermarket, berbelanja mengikuti nafsu konsumtif, memboroskan uang atau makan secara berlebihan demi memanjakan lidah dan perut, makanan yang mengandung kadar gula atau lemak yang tinggi – hingga kebiasaan buruk seperti berselingkuh menikmati libido.

Kita tentu tahu, bahwa naluri bukanlah harus selalu dituruti. Selain naluri, kita juga dianugerahi pikiran untuk memutuskan mana yang benar dan tidak benar, apa yang baik dan apa yang buruk, mana yang bermanfaat dan mana yang mubadzir. Selama pikiran bisa berfungsi optimal, maka dengan mudah naluri dapat dikendalikan. Naluri akan mendorong perilaku dan perilaku menciptakan habit.

Cara membongkar pola lama yang buruk dapat dilakukan dengan membiasakan habit baru yang lebih menarik dan menantang, misalnya kesukaan mengobrol bisa diganti dengan bergabung dengan kelompok-kelompok diskusi. Kesukaan bersantai dan bermalas-malasan ditambahi dengan belajar membaca buku. Mulailah semuanya dengan easy steps, misalnya Anda bukan tipe orang idealis, tentunya jangan memasuki kelompok diskusi yang serius, atau kalau memilih buku untuk dibaca bisa dimulai dengan buku-buku ringan yang sesuai dengan kesukaan Anda.

Ada juga orang yang saking penginnya berubah, maka ia melakukan punishment pada dirinya sendiri, misalnya kalau sampai ia kedapatan merokok lagi, maka ia akan bersedekah dengan jumlah yang cukup besar. Atau kalau ia sampai bangun kesiangan, sepulang dari kerja nanti ia akan membersihkan kamar mandi dan WC dan seterusnya.

Perubahan juga sesederhana membuat habit-habit baru yang tadinya tidak terpikirkan untuk dilakukan.

Nikmati Habit baru;
Pada awalnya semua hal yang belum terbiasa terasa tidak menyenangkan serta membosankan. Tetapi kalau dibiasakan, lama-lama akan menjadi menyenangkan, bahkan ketagihan. Mungkin awalnya Anda akan mengatakan, “Saya tidak suka membaca buku!.” Kata “tidak suka” disitu kalau diterjemahkan dalam bahasa pikiran, sama dengan, “Hormon serotonin saya tidak berfungsi ketika saya membuka halaman demi halaman buku!” Jadi masalahnya adalah bagaimana membuat supaya otak yang tadinya tidak welcome dengan tulisan, angka dan gambar bisa bekerja dan menstimulir serotonin supaya bekerja, sehingga buku itu yang tadinya membosankan menjadi menyenangkan untuk dibaca.

Menurut penelitian, otak akan segera menyesuaikan diri, bahkan akhirnya akan menyukai hingga ketagihan terhadap apa saja dilakukan secara berulang-ulang, apalagi disertai oleh fantasi, kesenangan tertentu atau ada passionnya.

Setiap orang berhak merubah-rubah, memilih dan menentukan mana hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya dan mana yang tidak.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

No Responses to “NLP Gratis 14 Trainer Amir Faisal 08157698288 : Mesin Pengendali Pikiran Manusia”

Leave a Reply