NLP Gratis 11 Trainer Amir Faisal 08157698288 : Become A Leader

blog on July 23rd, 2016 No Comments


  1. Seri : Buku Destined To Be A Leader

Bagaimana proses terbentuknya  seseorang sehingga bisa menjadi seperti sekarang ini?


Bagan  Neurological Levels oleh Robert Dilt akan digunakan untuk memahami proses kesadaran seseorang menjadi pemimpin – penulis sama sekali tidak merubah, menambah atau mengurangi gagasan Dilt, melainkan hanya memberi penjelasan bagaimana cara memahami bagan itu, mana yang termasuk internal dan mana yang eksternal dan bagaimana proses kesadaran diri berlangsung pada seseorang

Kita bisa membaca bagan ini dari atas ataupun dari bawah. Kita akan memulainya dari bagian yang paling bawah, yaitu ENVIRONMENT. Penelitian membuktikan bahwa kita telah belajar dari lingkungan tentang pola dan selera makan sejak masih janin yang kemudian dilanjutkan pada masa menyusui. Begitu juga emosi kita. Banyak sekali anjuran untuk para Ibu yang sedang hamil untuk mengendalikan stabilitas emosinya. Karena emosi mempengaruhi detak jantung dan janin dengan cerdas bisa “membaca” detak jantung Ibundanya. Daniel Goleman dalam bukunya yang berjudul Social Intelligence mengatakan bahwa emosi negatip Ibu bisa menurun ke bayi, bahkan menurut penelitian dari Harvard, bayi juga bisa berinteraksi secara emosional dengan Ibunya dari sentuhan pori-pori kulit.

Pendidikan merupakan faktor lingkungan yang sangat efektif  pada usia golden age dan berlanjut ke bangku sekolah, bangku kuliah, tempat pekerjaan dan seterusnya, yang menghasilkan attitude dan BEHAVIOR atau perilaku. Perilaku seseorang dapat dilihat dari WHAT? Apa yang kita lakukan dan kebiasaan-kebiasaan kita secara terus menerus, dan menghasilkan HABIT. Pada tahap ini nanti akan bergabung dan tumpang tindih dengan pembentukan kesadaran akan nilai (self awareness ) yang berlangsung dari proses internal (Bagan atas).

Menurut ahli psikologi perkembangan dan pendidikan seperti Thomas Armstrong dan Barbara Prashnig, kesadaran diri (self awareness) dimulai tumbuh pada usia remaja. Pada saat itu mereka mulai mencari “siapa aku?”, “untuk apa aku hidup?” (PURPOSE), sehingga “petualangan” untuk mencari penemuan itu menghasilkan identitas diri atau IDENTITY. Maka Kesadaran diri itu ditandai dengan pertanyaan WHAT FOR?, untuk apa aku hidup? atau kesadaran terhadap tujuan hidupnya atau Purpose of Life.

Ketika telah menjadi manusia seutuhnya. Bahkan sudah menjadi seorang yang diperhitungkan ataupun dipandang dalam masyarakat, maka tujuan-tujuan mereka mulai dapat “dibaca” yang merupakan representasikan siapakah orang itu. Dapat dipelajari juga keyakinan-keyakinan yang mereka miliki (BELIEF), yaitu upaya-upaya yang dilakukan atau diperjuangkannya mencerminkan kualitas dari kapasitas (CAPACITY) dan kapabilitasnya (CAPABILITY), dimana sedikit banyak hal itu dipengaruhi oleh habit dan lingkungan dimana dia berada (bagan di bawah)

(BERSAMBUNG)

Bagan Robert Dilt

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

No Responses to “NLP Gratis 11 Trainer Amir Faisal 08157698288 : Become A Leader”

Leave a Reply