Responsible On Responsible For, Trainer Amir Faisal 08157698288

blog on November 26th, 2017 No Comments

Trainer Amir Faisal 0815 769 8288, Buku Destined To Be A Leader Amir Faisal google book

Salah satu presupposisi atau pra anggapan dalam NLP (Neuro Linguistic Programming), ada yang berbunyi seperti judul diatas. Apa esensi perbedaan tambahan “on” dan “for”?

Sebelum makna kata itu kita bedah, kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan presupposition ?

Presupposition terdiri dari atas dua buah suku kata ; pre + supposition yang berarti pra pengandaian atau lebih familier sebut saja anggapan-anggapan dasar. Didalam NLP, presupposition ini terus berkembang sepanjang waktu sebagai prinsip-prinsip inti yang melandasi suatu pendekatan yang dipakai.

Presupposition tidak akan dianggap sebagai kebenaran sejati, melainkan dipakai sebagai sikap-sikap dan asumsi yang konsisten menyangkut cara berfikir dan berperilaku yang penuh sumber (Phillip Hayes dan Yenny Rogers)

Presupposition bukanlah sebuah hukum, diktum atupun kebenaran. Tetapi hanya sebuah pedoman pragmatis tetapi mempunyai manfaat yang tak ternilai untuk membantu seseorang menemukan kunci-kunci pembuka pintu gerbang sumber dayanya sendiri.

Penggunaan presupposition bisa dianggap sebagai jantungnya NLP. Menerima presupposition sebagai sikap dalam memandang dunia, akan mempermudah kita menguasai dan mengambil benefit dari NLP, karena semua teknik NLP diderivasikan dari presuppositionpresupposition itu.

Responsible on atau Bertanggung jawab atas
Setiap orang bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri. Apakah di dunia ini ada orang yang mau menjamin hidup kita hingga mencapai kesuksesan?

Kalau Anda bukan anak Rothschild yang membagi habis seluruh kekayaannya pada keluarganya, maka jangan harap bisa menjadi kaya raya mendadak. Orang-orang terkaya di dunia seperti Bill Gates, Warren Buffet, Charlos Slim, Sulaiman Raji dan Sultan Brunei belum tentu akan mewariskan semua hartanya kepada keluarganya. Seandainya mendapat warisanpun, sesudah mereka membagi warisan, para milyuner dolar itu tidak bertanggung jawab, apakah harta waris itu bisa membuat keturunannya menjadi orang yang sesukses dirinya.

Kenapa demikian?

Karena mereka hanya BERTANGGUNGJAWAB ATAS (RESPONSIBLE ON) atas kesuksesan dirinya dan kehidupannya sendiri, serta BERTANGGUNG JAWAB UNTUK (RESPONSIBLE FOR) berbagi warisan saja, ketika anak-anaknya sudah dewasa.

Implementasi dalam kehidupan Rumah Tangga untuk mencapai Samara dan kebahagiaan 

Ada seorang suami menyatakan kekecewaan pada isteri nya, karena si doi dianggap tidak bisa membahagiakan dirinya.

Bagaimana menurut pendapat Anda?

Jelas disini sang suami tidak bisa mengimplementasikan presupposisi ini dengan benar. Karena sesungguhnya yang BERTANGGUNGJAWAB ATAS ( RESPONSIBLE ON) kebahagiaannya, ya hanya dirinya sendiri. Dari semua yang diberikan oleh sang isteri kepadanya, dia mempunyai pilihan 100 persen, untuk merespon dengan rasa bahagia atau rasa kurang puas.

Sebaliknya perlu ditanyakan pada sang suami, apakah dia sudah BERTANGGUNGJAWAB UNTUK (RESPONSIBLE FOR) memenuhi kewajiban  atau berupaya memberikan kebahagiaan pada isterinya?

Robert B Cialdini membuat riset yang cukup menarik yang disebut The Phsycologi Influence of Persuassion. Salah satu kesimpulannya, dalam kehidupan terjadi prinsip resiprokal atau imbal balik, bahwa setiap orang yang melakukan sesuatu untuk kita berhak mendapat perlakuan serupa sebagai balasannya. Kalau dalam pepatah kita hutang budi dibawa mati.

Dalam konteks kehidupan suami isteri,

Bertanggungjawablah untuk memenuhi kewajiban sebagai suami kepada isteri dengan ukuran-ukuran yang Anda yakini bisa membahagiakan doi, dan bahagiakan diri Anda atas apapun keadaan isteri Anda, atau apapun yang ia berikan.

Dan jangan paksakan untuk mendapatkan kebahagiaan darinya menurut ukuran-ukuran Anda, karena isteri Anda tidak akan pernah tahu, walaupun ia berupaya keras untuk melakukannya”, tetapi percayalah prinsip resiprokal akan terjadi, si doi akan melakukan hal yang serupa dengan Anda.

Bahkan biasanya balasan yang diberikan oleh isteri jauh lebih besar dari yang bisa Anda berikan, karena cinta doi pada Anda jauh lebih dalam. Dan perempuan memang diciptakan oleh Allah SWT untuk orang lain😇😇😇

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

No Responses to “Responsible On Responsible For, Trainer Amir Faisal 08157698288”

Leave a Reply