Temukan Gunung Es Anda Bag3, Trainer NLP Amir Faisal 08157698288

blog on December 9th, 2017 No Comments

 

 

Sebagaimana diketahui ketika presiden Obama pergi ke Indonesia, dia ingin napak tilas masa lalunya sewaktu tinggal di Indonesia, termasuk menikmati kuliner khas Indonesia, yang salah satu kegemarannya adalah sate. Tahukah Anda Restoran siapa yang disinggahi waktu itu ? Tidak lain adalah restoran milik milyuner Muslim Indonesia Heppy Trenggono yang juga Presiden IIBF dan CEO Bali Muda Group.

Walaupun ini spektakuler, tetapi ada yang lebih spektakuler yang akan saya ceritakan tentang pak Heppy. Sebagaimana saya sampaikan pada bagian 1, beliau punya Mentor bisnis yang bernama Keith Cunningham yang juga mentornya Robert T Kiyosaki. Suatu kali beliau ingin menemui sang Mentornya di Amerika.  Setiap kali ketemu secara maksimal paling hanya diberi kesempatan sekitar 30 menit, padahal untuk itu harus mengeluarkan biaya perjalanan puluhan juta rupiah. Tetapi beliau mengatakan, manfaat yang diperolehnya jauh lebih besar ketimbang biayanya.

Menemukan The Big Problems
Hal yang paling penting bisa bertemu dengan mentor bisnis berkelas dunia adalah mendapat suntikan energi.

(dalam NLP ada yang namanya Neurological Levels, yang mana Level pertama adalah environment. Riset menunjukkan bahwa otak kita senantiasa berinteraksi dengan lingkungan. Jika kita sering berinteraksi dengan orang yang levelnya lebih tinggi dari kita, maka dalam tempo tertentu kita akan bisa tertular menjadi lebih tinggi juga).

Dalam pertemuan yang sangat singkat itu pak Heppy diminta menuliskan The Big Problems nya dalam secarik kertas, kemudian diserahkan pada pak Cunningham. Anehnya curhatnya gak dibaca, alih-alih kertasnya malah diremas-remas dan dilemparkan ke keranjang sampah😱

(Saya jadi ingat pada  Master Coach saya, pak Krishna Murti, apa yang dilakukan oleh sang Mentor itu, ternyata sama dengan Coaching yang saya dapatkan, yaitu yang disebut Teknik Sub Modality dengan trik Top Of Mind)

Kemudian Cunningham bertanya :

“Do You know, what ‘s Your Biggest Problems Mr Heppy?”

Heppy T :“No Sir”

Keith Cunningham kemudian mengambil secarik kertas HVS lalu dia menulis dengan spidol tulisan besar-besar yang terdiri dari 3 huruf dan ditunjukkan pada pak Heppy

Rangkaian huruf itu adalah :

“Y O U”

Ilustrasi diatas bisa memberikan pembelajaran pada kita bahwa masalah terbesar dalam diri kita bukanlah apa yang terjadi di outer kita, melainkan di inner kita. Dengan kekuatan pikiran, kita bisa membuat masalah yang besar menjadi kecil. Begitu juga sebaliknya, kejumudan pikiran bisa membuat masalah yang sebenarnya biasa-bisa menjadi nampak berat dan rumit.

Become a Great Person

Seorang petani menemukan sebutir telor elang di tengah hutan. Kemudian telor itu dibawanya pulang, dan dieramkan jadi satu dengan telor ayam. Sesudah menetas, induk ayam sama sekali tidak bisa membedakan antara anaknya sendiri dengan anak musuhnya. Maka anak elang itu dipeliharanya seperti anaknya sendiri dalam habitat ayam. Setelah besar, suatu hari anak elang itu mendongakkan kepalanya keangkasa. Dilihatnya disana seekor elang sedang terbang di angkasa dengan sangat hebatnya. Maka anak elang itu bergumam dalam hati, “Hebat, luarbiasa burung itu? Seandainya aku bisa menjadi dia . . . “

 

Kisah memilukan ini sudah ribuan kali diulang-ulang oleh para motivator untuk menjelaskan presupposisi NLP (Neuro Linguistic Programming) : “Setiap orang hanya akan menjadi seperti persepsinya terhadap dirinya”.  Saat membaca kisah diatas, seringkali kita tidak benar-benar menyadari, sesungguhnya yang kita lihat dalam mata batin kita adalah diri kita sendiri, ketika melihat orang-orang hebat didepan kita, dan itu bukan diri kita, sesungguhnya kita adalah anak elang itu sendiri.

 

Lihat gambar the Iceberg diatas. Anda bisa menyaksikan, betapa bagian terbesar dari kekuatan diri Anda justru tenggelam di dalam samudera jiwa (unconscious mind) Anda, yaitu kesadaran diri ( self awareness) tentang “siapa aku?”.

Jika Elang yang terbang di angkasa raya itu saya beri angka 9, dan anak elang saya beri angka 1, Anda berada di angka berapa?, itulah yang bisa Anda capai dalam hidup Anda.

Bukan uang atau kepandaian yang Anda miliki, sebagaimana kata Prof William James, “Kita telah sampai pada tahap ilmu pengetahuan, dimana dengan mengubah inner kita, kita bisa mengubah dunia.

Awareness akan menciptakan attitude Anda. Sebagai contoh, untuk membedakan orang besar dengan orang kecil, bisa dilihat dari apa yang dibicarakannya setiap hari. Orang (berfikir) besar hanya berfikir hal-hal yang besar, tentang KEHIDUPAN, kemaslahatan, tujuan-tujuan jangka panjang, prinsip-prinsip dan nilai-nilai hidup. Sedang orang (berfikir) kecil hanya membicarakan masalah PENGHIDUPAN. Kita berbuat apa dan mendapat apa?, hal-hal yang remeh temeh, bersifat jangka pendek, sangat fokus pada untung rugi materi. Tetapi anehnya, justru orang-orang yang berfikir besar umumnya lebih kaya dan lebih sukses dibanding orang yang berfikir kecil. Mungkin Tuhan menghendaki manusia menjadi besar, agar cukup pantas menjadi wakilNya dimuka bumi.

Jika Attitude adalah pohon, maka Behaviour adalah bayangannya. Jadi tindakan dan ucapan Anda akan bisa diidentifikasikan oleh orang lain, apakah Anda termasuk orang yang besar atau orang yang kecil. Bukan oleh penilaian Anda sendiri. So, “makhluk” antara attitude dengan behaviour itu adalah karakter atau identitas Anda. Oleh karenanya karakter Anda bisa juga terbaca dalam Anda membuat Outcome-outcome yang akan Anda raih. Tinggi, sedang atau rendah.

 

 

 

 

 

 

No Responses to “Temukan Gunung Es Anda Bag3, Trainer NLP Amir Faisal 08157698288”

Leave a Reply